Ini Lho Keutamaan Akikah bagi Umat Islam

Pengertian aqiqah berdasarkan bahasa yaitu memotong. Penyembelihan hewan ini adalah sebagai bentuk rasa syukur umat Islam kepada Allah swt atas kelahiran buah hati mereka. Hal ini sebagai pengamalan terhadap sunnah Rasul dan bukti bahwa kita mencontoh tradisi mulia umat Islam terdahulu.

Undang-undang aqiqah ialah sunnah muakkad, amat diutamakan bagi yang kapabel menyelenggarakan. Pelaksanaanya pada hari ke-7, ke-14, atau ke-21 setelah sang bayi lahir.

Jumlah hewan yang disembelih untuk bayi laki-laki yaitu dua ekor, sementara untuk bayi perempuan cukup satu ekor. Adapun pengerjaan ibadah ini satu kali seumur hidup. Meski jenis hewan yang diizinkan untuk disembelih berupa kambing, domba, atau biri-biri.

Keutamaan akikah dalam Islam ini akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi seluruh umat muslim yang beriman terhadap Allah swt. Apa saja keutamaannya? Mari kita simak.

Meningkatkan Ibadah
Melakukan aqiqoh dapat meningkatkan ibadah kita terhadap Allah swt sebab dalam pelaksanaanya kita membacakan ayat-ayat Alquran beserta doa-doa yang terbaik untuk sang anak.

Memperoleh Pahala
Melaksanakan akikah sama dengan menjalankan sunnah Rasul yang artinya menggambarkan bahwa kita mencintai Nabi Muhammad saw serta mencintai Islam. Jikalau kita melakukan sunnah Rasul serta instruksi Allah swt tentu saja bakal mendapatkan pahala.

Menghilangkan Kotoran serta Penyakit
Melakukan aqiqoh juga disertai mencukur rambut sang buah hati. Prosesi pencukuran ini dapat menghilangkan kotoran serta penyakit yang ada pada sang buah hati sejak ia dilahirkan.

Mendoakan sang buah hati
Aqiqoh yang dilakukan dengan membacakan doa-doa yang terbaik untuk sang buah hati serta diamini oleh banyak orang yang hadir. Hal ini menambah dikabulkannya dari niat mengerjakan aqiqah ini.

Meningkatkan Rasa Sosial Sesama Kerabat serta Tetangga
Keutamaan aqiqah lainnya merupakan meningkatkan rasa cinta terhadap kerabat, tetangga, umat muslim pada biasanya. Dengan membagi daging akikah kepada banyak orang dapat meningkatkan rasa sosial serta solidaritas antar sesama.

Bila Anda sedang mencari jasa aqiqah, percayakan saja terhadap Aqiqah jogja. Demikian penjabaran singkat seputar keutamaan aqiqoh dalam kehidupan bermasyarakat serta terutamanya bagi sang buah hati.